Minggu, 11 Maret 2012

Menulis Sebagai Proses

Menulis adalah suatu kegiatan penyampaian pesan dengan menggunakan bahasa tulis.
Ada empat hal unsur yang terlibat dalam menulis yakni:
1. Penulis
2. Pesan/isi tulisan
3. Media
4. Pembaca
Graves berpendapat "seseorang enggan menulis karena tidak tahu untuk apa dia menulis merasa tidak berbakat" ketidaksukaan berkaitan dengan pengaruh lingkungan juga pengalaman pembelajaran menulis yang kurang memotivasi dan merangsang minat.
Smith berpendapat "pengalaman belajar menulis yang dialami siswa di sekolah berkaitan dengan kondisi guru" dari sana muncullah beberapa MITOS yang keliru tentang menulis dan pembelajarannya.
1. Menulis itu Mudah
    Ya, menurut teorinya menulis itu memang mudah padahal praktiknya cukup sulit karena yang digunakan   adalah bukan teorinya saja melainkan harus ada keterampilan. Dia harus mencoba dan berlatih berulang kali dalam menulis. Keterampilan tersebut merupakan sesuatu kekuatan yang dimiliki seorang penulis.
2. Unsur Mekanik Tulisan merupakan Inti dari Menulis
    Unsur Mekanik adalah EJAAN, pemilihan kata, pengkalimatan, pengalinean dan pewacanaan. Unsur mekanik hanyalah sebagai satu ALAT.
3. Menulis itu harus sekali Jadi
    Oh tentu Tidak!. Itu artinya, menulis tidak harus sekali jadi. Karena, Menulis merupakan sebuah PROSES. Sehingga Dia harus mencoba dan berlatih berulang kali: memilih topik, menentukan tujuan, mengenali pembaca, mencari informasi pendukung, menyusun kerangka serta menata, menuangkan ide dalam racikan bahasa yang terpahami.
4. Orang Yang tidak Menyukai dan Tidak Pernah Menulis Dapat Mengajarkan Menulis.
    Tidak! Karena, harus dapat menunjukkan manfaat dan nikmatnya menulis. 

Ada tiga tahapan dalam menulis biasa disingkat PRAPENPAS
1. Prapenulisan > kegiatan dari prapenulisan ini diantaranya: Memilih topik, menentukan tujuan, mengenali pembaca, mencari informasi pendukung dan menyusun kerangka.
2. Penulisan > kegiatannya penulisan diantaranya: menata, menuangkan ide, mengembangkan karangan yang sudah disusun dari prapenulisan. 
3. Pascapenulisan > kegiatan dari pascapenulisan diantaranya: penyuntingan, perbaikan dan penyempurnaan.

Sumber : Modul 1 PDGK 4305 "Keterampilan Dasar Menulis"  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buat Rame dengan celoteh mu ya...
thanks..:)