Sabtu, 11 Agustus 2012

FINAL
EXAMINATION


“RAYUAN PULAU KELAPA”
















Written by

LIBERTY NEYZOM
208500430









English Department
Adab and Humanities Faculty
Sunan Gunung Djati State Islam University
Bandung
2008

List of content

Kata pengantar……………………………………….....I
Preface………………………………………………….II
List of content………………………………………….III
- Chapter 1
Versi Indonesia………………………………………....1
English version ………………………………………...2
- Chapter 2
Pembahasan……………………………………………
- Chapter 3
Simpulan ………………………………………………















CHAPTER TWO
“RAYUAN PULAU KELAPA”
Versi Indonesia

Tanah Airku Indonesia
Negeri elok amatku cinta
Tanah tumpah darahku yang mulya
Yang kupuja sepanjang masa

Tanah airku aman dan makmur
Negeri elok nana mat subur
Pulau melati pujaan bangsa
Sejak dulu kala

Melambai – lambai
Nyiur di pantai
Berbisik bisik
Raja klana

Memuja pulau
Nan indah permai
Tanah airku
Indonesia







“RAYUAN PULAU KELAPA”
English version


Indonesia is my motherland
Beautiful country always on my mind
My native country I do glorify
Always to worship as long as my life

Motherland is peaceful and prosperous
Beautiful country very luxurious
The jasmine island is worship nation
Since all of us were born

Waves and always waves
Coconut tree off shore
Whispers and whispers
King of adventurer

To worship island
So nice so pretty
Oh my motherland
Indonesia











CHAPTER TWO
PEMBAHASAN

 Indonesia is my motherland
S X O
Kalimat ini termasuk simple present yang strukturnya adalah sebagai berikut: Indonesia bertindak sebagai subject, is merupakan auxiliary atau kata ganti (primary). Suatu kalimat dapat kemasukan to be kepada 3 peristiwa :
1. manakala dirangkai dengan verb-ing atau sering disebut kalimat progressive. “kegiatan yang sedang berlangsung”
2. menjadi kalimat passive
3. dan yang tidak dirangkai dengan verb- ing ataupun verb 3. sebagai full verb.
Sehingga kalimat ini termasuk bagian 3 atau juga kalimat statis.
“my” sebagai dependent possessive pronoun. Adalah kata yang menunjukkan kepemilikan dan selalu diikuti kata benda. “motherland” merupakan compound word yaitu rangkaian kata yang terdiri atas dua kata benda dan apabila dipisahkan kata tersebut akan tetap memiliki makna. Motherland sebagai object complement.
Ta-nah-a-ir-ku-in-do-ne-sia
In-do-ne-sia-is-my-mo-ther-land
Baik dalam versi indonesia ataupun inggris keduanya memiliki jumlah ketukan yang sama, yaitu 9 ketukan

 beautiful country (is) always on my mind
S X adv
Kalimat ini termasuk simple present, “beautiful”merupakan adjective atau kata sifat. Pada kalimat ini adjective diletakkan sebelum kata benda atau mengawali kata bendanya oleh karena itu, adjective sebagai modifier/ephited/attributive adjective. Bahwa selama yang diterangkannya adalah kata benda maka harus menggunakan kata sifat. “always” merupakan adverb of indefinite frequency atau keterangan intensitas yang tidak tentu. Sedangkan “on my mind” sebagai adverb prepositional phrase atau juga adverb of place. “my” sebagai dependent possessive pronoun. Kalimat lengkapnya adalah beautiful country is always on my mind namun dihilangkan to be “is” nya karena sudah merujuk kepada is yang diatas. Juga demi kesesuaian irama maka makna liriknya dirubah.
Ne-ge-ri-e-lok-a-mat-ku-cin-ta
Beauty-ful-coun-try-al-ways-on-my-mind
Keduanya memiliki jumlah ketukan yang sama, yaitu berjumlah 10 ketukan.

 My native country I do glorify
O S X
Kalimat ini termasuk simple present.
“My” merupakan dependent possessive pronoun, sama seperti kalimat sebelumnya. “my” menghadapi sekaligus dua kata benda “native dan country” native disini termasuk subject complement yang melengkapi dari kata country bermakna negeri tanah kelahiran ku.
“I do glorify” I sebagai subjective case. “do” auxiliary (primary) pada kalimat ini diikuti bare infinitive ( hilangnya to infinitive) dalam memberi penegasan yang bermakna ungkapan yang betul – betul atau amat sangat.
“Glorify” is a verb bare infinitive.
Ta-nah-tum-pah-da-rah-ku-yang-mul-ya
My-na-tive-coun-try-I-do-glo-ri-fy
Baik dalam versi indonesia ataupun Inggris,keduanya memiliki jumlah ketukan yang sama yaitu 10 ketukan.

 Always to worship as long as my life
Kalimat ini termasuk simple present. “always” merupakan adverb of indefinite frequency yang disimpan diawal kalimat sebelum kata kerja. “to”yang dipakai disini mengandung arti menuju, to juga merupakan preposition yang dipergunakan untuk mewakili kata kerja infinitive.
“as long as” bermakna sepanjang atau hingga ,mengindikasi suatu kegiatan yang telah dimulai. Itu artinya untuk seluruh waktu yang dilakukan sepanjang waktu. Biasanya ungkapan as…….as selalu mengapit kata sifat atau kata keterangan. “my life” sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bertindak sebagai definite possessive pronoun.
Yang-ku-pu-ja-se-pan-jang-ma-sa
Al-ways-to-wor-ship-as-long-as-my-life
Disini, terjadi perbedaan ketukan. Pada versi Indonesia terdapat 9 ketukan sedangkan pada versi inggrisnya ada 10. namun kita tetap dapat membacanya tanpa kehilangan irama lagu. Yaitu pada as yang kedua cara membacanya dipanjangkan.

 Motherland is peaceful and prosperous
S X O
Kalimat ini termasuk simple present. “Motherland” sebagai subject dan ia juga merupakan compound word yang bila dipisahkan tetap memiliki makna masing – masing. “peacfull and prosperous” pada kalimat ini menggunakan ‘and’ conjunction atau kata penghubung,karena yang mengapit konjungsi tersebut keduanya merupakan adjective. Diketahui bahwa ungkapan yang hadir sebelum (and,but,or) harus memiliki bentuk yang setara,sejajar dan seimbang dengan yang hadir sesudahnya. Bila n dengan n,bila gerund+gerund,adjective+adjective,phrase+phrase dan lain sebagainya. Konjungsi ini termasuk konjungsi murni.
Ta-nah-a-ir-ku-a-man-dan-mak-mur
My-mo-ther-land-peace-ful-and-pros-pe-rous
Kedua kalimat tersebut memiliki jumlah ketukan yang sama yaitu berjumlah 10 ketukan

 Beautiful country (is) very luxurious
S X O
Kalimat ini termasuk simple present. “beautiful country” merupakan kalimat yang terdiri dari subject dan subject complement. “country” sebagai subject dan “beautiful” sebagai complement. Beautiful merupakan adjective atau kata sifat. Sama halnya dengan penjelasan sebelumnya bahwa setiap adjective yang disimpan diawal kata benda maka adjective itu sebagai modifier.
“very luxurious” memakai very karena menunjukkan makna sangat. Luxurious merupakan adjective. Kalimat sebetulnya terdapat is pada kata sebelum very, namun dihilangkan karena merujuk atau mengikuti is yang sebelumnya. Sehingga luxurious disini bertindak sebagai object
ne-ge-ri-e-lok-nan-a-mat-su-bur
beau-ty-ful-coun-try-ve-ry- lux-uri-ous
terdapat ketukan yang berjumlah sama yaitu 10 ketukan. Dalam membaca kata luxurious agak di “washol” kan (istilah arab).

 The jasmine island is worship nation
S X O
Merupakan bentuk kalimat dari simple present juga.
“the jasmine island” disini menggunakan the sebagai article. Frasa ini adalah rangkaian yang mendapat awalan determiner : article (a,an the) the berfungsi untuk menunjukkan suatu benda yang sudah dikenal,pengetahuan umum,atau sesuatu yang sudah tentu. The juga digunakan untuk mengawali suatu benda yang sama yang pernah tersebut namanya.
Pu-lau-me-la-ti-pu-ja-an-bang-sa
The-jas-mine-is-land-is-wor-ship-na-tion
Kedua kalimat tersebut memiliki jumlah ketukan yang sama. Yaitu 10 berjumlah ketukan.

 Since all of us were born
S X
Kalimat ini termasuk kedalam bentuk past tense. “since” disini sebagai preposisi yang memiliki arti sejak dan menyatakan awal peristiwa atau kegiatan. Preposisi ini harus diikuti nama waktu atau keterangan waktu. Tetapi ketrengan waktu pada kalimat ini dibuang atau sembunyi, yaitu “long time ago”. “all of us” all merupakan quantitative yang kemudian dilanjutkan dengan preposisi of lalu dilanjut dengan independent possessive pronoun yaitu “us” . “were”merupakan auxiliary to be bentuk kedua. Dan merupakan past tense. Were digunakan untuk subject orang kedua ataupun jamak(we)
“born” adalah verb bentuk -3. to be+verb 3 termasuk kalimat pasif
Se-jak-du-lu-ka-la
Since-all-of-us-were-born
Baik dalam versi indonesia ataupun versi inggrisnya, terdapat jumlah ketukan yang sama yaitu 6 ketukan.

 Waves and always waves
X
Kalimat ini termasuk kedalam bentuk simple present. “waves” sebagai predikat dari subject yang di akhirkan yaitu coconut tree ( setelah baris ini)
“and” sebagai konjungsi atau kata penghubung antar kata yang setara bentuknya .“always” merupakan adverb of indefinite frequency atau keterangan intensitas yang tidak tentu) yang selalu diletakkan sebelum kata kerjanya. “waves” yang kedua merupakan kata pengulangan atau kelanjutan dari konjungsi and.
Me-lam-bai-lam-bai
Waves-and-al-ways-waves
Kedua kalimat tersebut memiliki jumlah ketukan yang sama, yaitu berjumlah 5 ketukan.

 Coconut tree off shore
S adv
Kalimat ini termasuk kedalam simple present “coconut tree waves and always waves”.
“coconut tree” bertindak sebagai subject yang diakhirkan. Juga merupakan frasa noun. “0ff” adalah preposisi yang menyatakan lepas dari. Sedangkan “shore”berarti melaut sehingga arti off shore “tidak melaut” yang berarti pantai atau di pantai.
nyi-ur-di-pan-tai
co-co-nut-tree-of-shore
disini terjadi perbedaan ketukan, pada versi indonesianya memiliki 5 ketukan saja, sedangkan pada versi iggrisnya memiliki 6 ketukan. Sehingga cara membacanyapun berbeda. Di versi inggris “tree” yang nadanya dipanjangkan. Sedangkan ”coconut” dibaca langsung.
 Whispers and whispers
X
“whispers” sebagai predikat yang subjectnya merujuk kepada kalimat selanjutnya yaitu “the king of adventurer”.
“and” disini berfungsi sebagai konjungsi yang menghubungkan antar kata/kalimat/klausa yang bentuk dan fungsinya,setara dan seimbang. Jadi setiap kata yang mengapit conjunction and harus setara. Disini whispers merupakan verb+verb.
Ber-bi-sik-bi-sik
Whis-pers-and-whis-pers
Pada kedua kalimat tersebut, berjumlah 5 ketukan. Sehingga tidak ada kesulitan dalam membawakan iramanya.

 King of adventurer
S
Sebetulnya pada kalimat ini terdapat the di awal sebelum kata king, namun dihilangkan karena keperluan dalam irama lagu. “king” merupakan kata benda biasa “common noun” as a subject. Disini menggunakan “of” sebagai konjungsi kalimat “king of adventurer” ini termasuk bagian dari Noun+preposition.
Ra-ja-kla-na
King-of-adven-tu-rer
Disini terjadi perbedaan ketukan. Pada versi Indonesia, hanya memiliki 4 ketukan. Sedangkan versi inggrisnya memiliki 6 ketukan. Tapi tetap saja iarama lagunya tidak hilang. Karena dalam membaca king of di gabungkan “diwasholkan” (menurut istilah arab)

 To worship island

“to worship” merupakan infinitive verb dan jenisnya transitive karena membutuhkan object. “island” merupakan objeknya dan termasuk jenis kata noun. To worship island juga merupakan main clause (kalimat utama) yang berperan sebagai subject, sedangkan predikatnya dibuang yaitu “is our duty as Indonesian nation”
me-mu-ja-pu-lau
to-wor-ship-is-land
Pada kedua kalimat tersebut baik versi indonesia ataupun inggrisnya memiliki jumlah ketukan yang sama. Yaitu 5 ketukan.

 So nice so pretty
Ungkapan pada kalimat ini merujuk kepada “island” jadi pulau yang nan indah permai. Ungkapan so + (adjective/adverb) menghantarkan pengertian ‘….begitu…sehingga…’atau ‘saking….
“nice dan pretty” keduanya adalah adjective.
Nan-in-dah-per-mai
So-nice-so-pretty
Baik dalam versi inggris atau Indonesia, memiliki jumlah ketukan yang sama yaitu 5 ketukan.

 Oh my motherland Indonesia
“oh” merupakan kata eksklamasi atau yang menyatakan kekaguman. “my”sebagai dependent possessive pronoun yang harus diikuti bendanya. Adapun bendanya adalah motherland. “motherland” adalah compound word yang terdiri dari dua noun, yaitu mother dan land. Indonesia sebagai penjelasan dari motherland.
Ta-nah-a-ir-ku-in-do-ne-sia
Oh-my-mo-ther-land-in-do-ne-sia
Baik pada kalimat versi Indonesia ataupun inggrisnya, memiliki jumlah ketukan yang sama. Yaitu berjumlah 9 ketukan.
Wallahu a’lam bisshawab

Keterangan

[1] S = subject
  X = a. auxiliary verb or b. ordinary verb
  O = object
 adv = averb 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buat Rame dengan celoteh mu ya...
thanks..:)