Selasa, 06 Desember 2011

Sehat Sebelum Sakit

klik disini ada Do'a
Ketika anda diberikan kesehatan. . .
‘Maka nikmat Allah manalagi yang engkau dustakan?”
Saudaraku, semua orang pasti bahagia lahir batin jika ada dalam kondisi sehat. Namun  pernahkah saudaraku kala kita berada dalam kondisi sehat, segar bugar jasmani dan rohani tersebut kita berpikir bahwa tidak akan selamanya ada sehat, karena dimana ada sehat kitapun perlu ingat sakit bisa saja menyertai.
Ketika anda diberikan kesehatan. . .
Berapa banyak rasa syukur kepada Allah? Yang telah membuat kondisi tubuh stabil dan serba seimbang. Dari setiap sel – sel bahkan jutaan sel yang ada dalam tubuh ini telah Allah atur sedemikian rupa, satu dan lainnya jelas berbeda.
Sungguh.. indahnya nikmat sehat itu..
Maka nikmat Allah manalagi yang engkau dustakan?
Sedikit sekalikah kita bersyukur?
Saudaraku, bagaimanapun juga manusia tetap ikut andil bahkan menjadi factor utama untuk tetap dalam kondisi sehatnya tersebut.
Bagaimana mengatur waktu makan dan apa yang dimakannya, “sehatkah?” “halalkah?”.
Kala kita berada dalam kondisi sehat . . .
Senangnya bisa beraktifitas apapun, berlari kesana kemari, makan apa aja enak.. tapi yang logis – logis loh ya gan! :):):)
Yah… pokoknya serba nikmat dehh.. biar dikata makan sama garam dicocol sambel + kerupuk jengkol aja asal kita sehat.. uhhhh subhanallah, cobain aja sendiri nikmat gan.. insya Allah, apalagi nasinya disajikan hangat. (hemmm.. jadi laper, mana Aku baru sembuh dari sakit saat ngeposting ini, jadi pengen gimanaa gituu.. mamayu.com. :D:D:D:D
Sekarang bagaimana jika kita tidak menjaga kesehatan dengan baik? Apa yang  terjadi? Kita ambruk, tumbang lemah tak berdaya.. istilah sundanyamah ngaringkuk teu tiasa nanaon “ga bisa ngapa- ngaapain gan” Yang tadinya makan sama contoh-contoh diatas tadi juga nikmat tapi ini disodorin makanan special yang lebih hebohpun (spaghety, ayam rendang, semur jengkol, kangkung rujak dll yang lebih wahhh dari sebatas garam tadi..) apa coba? Boro-boro maaau.. geleng-geleng*mode on* yang ada.haaaa
Mungkin malah habis disantap sama yang sehat dan merawatnya tuuh.. LLL
Tapi inget… gan,,!! Kalo lagi sehat juga jangan semuanya disantep loh… apalagi makanan yang serba instan itu kurang baik. Jangan-jangan itu yang bisa membuat sakit.oh no..
Ya.. pengalaman pribadiku ketika sakit sich ya gitu, makanan serba ga enak, hambar tak ada rasa, paiiiit..
Rasanya, nelen air liur sendiri aja... maaf ya gan, pengen dimuntahin terus, pengen muntah aja gitu bawaannya.
Yaa… emang sich.. tergantung sakitnya juga seperti apa.
Kan ini pengalaman sakitku.
Saudaraku, Allah mencabut semua kenikmatan saat kita diberi ujian sakit.
Allah memberikan pelajaran melalui sakit ini untuk mengambil ibroh/hikmah yang terbaik. Tetap positive thinking dan berdo’a “Mudah-mudahan sakitku ini menjadi penawar dosa-dosaku”
Tubuh manusiapun punya hak-haknya masing-masing. Ada waktunya istirahat, makan, olahraga, berkatifitas dan hal lainnya lagi. Nah..! kita sebagai pemilik organ – orgab tubuh trsebut sudah sepatutnya memenuhi hak-hak mereka
enak aja nih kamu belajar terus sampe begadang kurang tidur, mana hak aku untuk terpejam? Your eyes said.
Jadilah keesokan harinya mata memerah, sembab/bahkan bisa jadi sakit mata dan ia terus meminta haknya sampai siang menjelang sehingga kondisi tubuh kitapun tidak vit, dan kurang optimal.
Saudaraku perlu diketahui juga sebagai wawasan, bahwa kebutuhan tidur manusia setiap hari berdasarkan usianya berbeda lho.
Bayi yang baru lahir butuh waktu 16-20 jam untuk tidur. Anak-anak usia sekolah perlu tidur selama 10-11 jam. Sementara orang dewasa hanya butuh waktu 7-8 jam sehari.
 Created By: Liberty Neyzom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buat Rame dengan celoteh mu ya...
thanks..:)